• November 28, 2020

Sejarah

STORY

POLTEKKES KEMENKES KUPANG

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS

SEJARAH PROGRAM STUDI TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIS KUPANG

Tuntutan Pelayanan kesehatan yang didasarkan atas eviden base yang begitu tinggi namun tidak dibarengi dengan ketersediaan tenaga Analis Kesehatan di Propinsi Nusa Tenggara Timur yang memadai menjadi alasan yang mendesak untuk membuka program pendidikan analis kesehatan di Propinsi NTT. Permasalahan keterbatasan sumber daya tenaga Analis Kesehatan tersebut direspon oleh Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang dengan dukungan Dinas Kesehatan Provinsi NTT, mempersiapkan dan mengusulkan pembukaan Program Studi D3 Analis Kesehatan dibawah Jurusan Farmasi Poltekkes Kemenkes Kupang.

Program Studi Teknologi Laboratorium Medis di Politeknik Kesehatan Kemenkes Kupang merupakan salah satu institusi milik  Departemen Kesehatan yang dibuktikan dengan persetujuan dari Departemen Kesehatan Republik Indonesia melalui Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor KH.03.05/II/4/2009 tentang PEMBENTUKAN JURUSAN DIPLOMA III ANALIS KESEHATAN PADA JURUSAN FARMASI POLITEKNIK KESEHATAN DEPARTEMEN KESEHATAN KUPANG tertanggal 28 April 2009, ditandatangani oleh A.n Menteri Kesehatan RI, Kepala Pengembangan dan Pemberdayaan Sumber daya Manusia Kesehatan, dr. Bambang Giatno Raharjo, MPH.

Dengan dasar surat keputusan pembukaan Program Studi Teknologi Laboratorium Medis yang dikeluarkan oleh Menkes melalui Badan PPSDM tersebut, maka dimulailah penerimaan mahasiswa baru angkatan pertama bulan Juli Tahun 2009.